Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru

Pada kesempatan ini, akan kami posting link download Buku Panduan Penilaian Jenjang Sekolah Dasar ( SD)  Kurikulum 2013. Buku panduan disusun sebagai acuan bagi Guru, Kepala Sekolah, Orang Tua, Masyarkat, maupun pihak terkait dalam melaksanan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Sejak kurikulum 2013 di implementasikan panduan penilian mengalami revisi / penyempurnaan.
Adapaun berikut ini adalah link download buku panduan penilain kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar yang kami urutkan berdasarkan tahun diterbitkan.
buku panduan penilaian kurikulum 2013 revisi
cover panduan penilaian


1. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar Tahun 2013 (download)


2. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) Tahun 2015 (download)


3. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) Tahun 2016 (download)


4. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) REVISI TAHUN 2018

Pada akhir tahun 2018, 3 Desember 2018 telah diterbitkan Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Atau mudahnya kita sebut panduan penilaian revisi 2018. Sejauh yang kami tahu sekilas tidak ada perbedaan dengan panduan penilian tahun 2016. Namun jika kita melihat kata pengantar ada beberapa informasi dimana letak revisinya. Berikut ini kutipan latar belakang panduan penilian ini.

Mulai tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2006. Hasil kajian pelaksanaan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam  perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan dan pelaporan penilaian. Pada perencanaan penilaian, pendidik kesulitan merumuskan indikator instrumen penilaian, menentukan teknik penilaian yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan,mengembangkan butir-butir instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pada pelaksanaan penilaian, pendidik kesulitan melakukan penilaian sikap dengan berbagai teknik penilaian dalam waktu yang terbatas. Pendidik juga mengalami kesulitan dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam menentukan nilai hasil remedial berkaitan dengan
KKM.

Memperhatikan permasalahan-permasalahan di atas, perlu disusun Panduan Penilaian pada Sekolah Dasar (SD). Panduan penilaian ini diharapkan dapat memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek
sikap, aspek pengetahuan, maupun aspek keterampilan.


Instal Buku Panduan Penilaian di HP Android ( selengkapnya )

Lihat video grafis panduan singkat penilaian k13 sd https://youtu.be/4cPDsIrXYOM


Kutipan Kata Pengantar pada Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) Tahun 2016  : Selain untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan perubahan kebijakan, mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak serta hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan review dan revisi pada panduan penilaian yang diterbitkan sebelumnya, dengan harapan buku panduan penilaian dapat lebih memenuhi kebutuhan pengguna, yaitu para pendidik dan satuan pendidikan agar dapat melaksanakan penilaian dengan baik dan benar.

Berdasarkan panduan penilian tahun 2016, kami coba untuk menyusun aplikasi sederhana dalam bentuk excel dengah harapan untuk mempermudah dalam melaksanakn penilian dan pembuatan raport peserta didik. Aplikasi ini dapat di lihat pada postingan: APLIKASI RAPORT KURIKULUM 2013 SD DISESUAIKAN PANDUAN PENILAIAN 2016

Demikianlah link download buku panduan penilaian kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasar (SD), semoga bisa bermanfaat utuk Anda, khususnya Bapak/Ibu Guru SD.
____________
update
Kami melakukan survey kecil-keci
lan dari bulan Juni s.d Juli 2018 ternyata masih banyak juga yang belum pernah membaca buku penting ini,



Posting Komentar

26 Komentar

  1. Terima kasih pak atas info perubahannya semoga tetap menjadi amal ibadah bapak Nir Singgih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak atas infonya... Sangat2 diperlukan oleh para guru.... Sukses selalu buat bapak

      Hapus
    2. Terima kasih pak atas infonya... Sangat2 diperlukan oleh para guru.... Sukses selalu buat bapak

      Hapus
    3. Terima kasih pak atas infonya... Sangat2 diperlukan oleh para guru.... Sukses selalu buat bapak

      Hapus
    4. Terima kasih pak atas infonya... Sangat2 diperlukan oleh para guru.... Sukses selalu buat bapak

      Hapus
    5. Terima kasih pak atas infonya... Sangat2 diperlukan oleh para guru.... Sukses selalu buat bapak

      Hapus
  2. Misi admin, Ini yang revisi terbaru yah?? Nggak ada yang 2017???

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya untuk sd yg terbaru saat ini tahun 2016

      Hapus
  3. Balasan
    1. setau saya untuk sd, terbaru adalah revisi 2016

      Hapus
  4. Iya...2016 Desember...itu yang terbaru

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya.. Sangat bagus

    BalasHapus
  6. Terima kasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Terimakasih pak Nir ...Sangat membantu kami di sekolah

    BalasHapus

1. Silahkan berkomentar yang berkaitan dengan topik postingan.
2. Gunakan bahasa Indonesia yang baik.
3. Komentar Anda kami baca, maaf jika tidak dibalas.