APLIKASI ANALISIS PENILAIAN KURIKULUM 2013 SD

Masih dalam suasana puasa ramadhan, semoga kita bisa benar-benar mendapakan hikmah dan ganjaran puasa, puasa yang bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus. Pada kesempatan ini saya akan posting tentang aplikasi analisis penilaian kurikulum 2013. Seperti yang saya pahami untuk melakukan penilian kurikulum 2013 dibutuhkan nilai per KD (kompetensi dasar ) untuk memunculkan nilai deskripsinya. Inilah yang membuat penilaian untuk kurikulum 2013 dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran hehee. Apalagi untuk jenjang SD adalah Tematik, jadi sebelumnya harus mengetahui sebaran KDnya melalui pemetaan KD, tema --- subtema --- pembelajaran --- mapel --- KD.
aplikasi analisis penilaian kurikulm 2013
Tampilan Aplikasi Analisis Penilaian K13
Sebelum melanjutkan saya upload dulu scren shot tentang analisa nilai pada buku panduan penilaian SD tahun 2016.
Contoh Aalisis Penilian

 Rumus Nilai KD per muatan pelajaran

Untuk itulah saya mencoba menyusun  aplikasi berbasis excel yang gunanya untuk sedikit memudahkan dalam meperoleh nilai masing-masing KD (Kompetensi Dasar) pada setiap kegiatan penilaian. Baiklah langsung saja sebagai berikut tentang aplikasi analisis penilaian K13 format excel sekaligus cara menggunakanya:


1. Enablekan Macro

Untuk menggunakan aplikasi ini harus mengaktifkan macro excel. Untuk Excel 2007 akan muncul "security Warning macros have been disabled" Pilih Options --- Enable this content --- OK. Setelah aktif makan akan muncul pemberitahuan macro telah aktif. Dan aplikasi siap digunakan.

2. Isi data penilain yang akan dianalisisa.

Langkah seleanjutnya adalah mengisi data penilaian yang akan di analisis seperti Tema, Subtema, Pembelajaran, Ulangan (penilaian harian / penilaian tengah semester / penilaian akhir semester), dan tanggal penilaian.


3. Buat lembar Analisa Penilaian

Untuk membuat lembar analisa penilaian caranya dengan menekan tombol "[klik disini] Buat Lembar Analisa Penilaian"  maka secara otomatis akan dibuatkan sheet Lembar analisa penilaian pada sheet baru dengan nama sheet sesuai tema subtema dan pembelajaran. Cara kerjanya adalah dengan mengcopy sheet "Analisa", jadi agar tidak mengubah nama sheet ataupun mengisi sheet tersebut. Mulai menganalisa nilai melalui sheet hasil generate / hasil dari mengklik tombol tadi.

4. Petakan KD pada masing-masing soal.

Selanjutnya kita menentukan Mapel, dan Nomor KD, pada masing-masing nomor soal. Ini langkah yang penting agar nantinya bisa di ketahui masing-masing nilai KD pada setiap Mapel, langkah ini dibutuhkan ketelitian ekstra lhoo.. :). Agar sedikit untuk menghindari kesalahan maping maka dibuat warna berbeda untuk masing-masing mata pelajaran menggunakan fitur conditioanal formating pada excel. Jangan lupa untuk mengisikan Bobot soalnya, kalau pilihan ganda bisanya 1 kalau uraian biasanya 2 atau yang lain.

5. Isi nilai / skor masing masing siswa

Nah disini juga dibutuhkan kesabaran, jika biasanya kita mengoreksi hasil pekerjaan siswa (ulangan) langsung mendapatan nilai mapel siswa tersebut, kalau kurikulum 2013 kita harus tahu nilai masing-masing KD (kompetensi dasar) jadi untuk mengoreksinya kita harus satu-satu memberikan skornya. Namun karena kita tadi di langkah sebelumnya telah melakukan pemetaan maka kita tinggal memasukan skor nilai masing-masing soal.

6. Lihat nilai KD masing-masing mapel

Setelah semua skor nilai dimasukan, akhirnya kita bisa melihat nilai masing-masing KD. Kita tinggal pilih Mapelnya kemudaian KD. Makan otomatis nilai akan muncul. Nilai yang dibawah KKM akan berwarna merah, jika sebelunya telah mengisi KKM pada menu utama. Dengan demikian bisa ditindak lanjuti untuk mengadakan remidial atau tindakan lainya.


Jika Anda menggunakan aplikasi raport yang menginputkan nilai masing-masing KD, Anda tinggal mengcopynya, Namun yang perlu diperhatikan untuk mengcopy paste gunakan paste spesial --- values, ini supaya yang tercopy hanya nilainya bukan rumusnya.

DOWNLOAD APLIKASI ANALISIS PENILAIAN KURIKULUM 2013.

Bagi Bapak/Ibu yang mau menggunakan aplikasi ini atau hanya untuk melihat aja ataupun mencobanya bisa melalui link berikut:

Via google site: https://goo.gl/wrqfZ6
https://drive.google.com/file/d/0ByKhFplMBhm6QXdXY3VYWEFnNDA/view?usp=sharing

update aplikasi koreksi k13 sd*
27/9/2017

* perbaikan rumus nilai per penilaian
* penyesuaian jenis penilaian
* edit mupel mulok

download klik link ini,
----------
update 24/12/2017
* skor 1 sd 5.
* update fitur
* penambahan link tutorial
DOWNLOAD APLIKASI


Lihat videonya: https://youtu.be/rVEqfTM_wQc


Jika dirasa bermanfaat silahkan jika mau dishare ulang.

Aplikasi ini tentunya masih banyak kekurangan. Koreksi, kritik, dan saran dari Bapak/Ibu kami harapkan agar aplikasi ini bisa lebih baik lagi.

atau buat sendiri yang lebih sederhana caranyahttps://apk13sd.blogspot.com/2018/10/membuat-aplikasi-analisis-penilaian.html

>>> download aplikasi raport K13

Demikianlah tentang aplikasi analisa penilaian kurikulum 2013 ini, semoga bisa mempermudah Bapak/Ibu Guru dalam melakukan penilian para peserta didikanya. Semoga bermanfaat

Posting Komentar

30 Komentar

  1. Pak kolom tema dan sub tema hasil generat kok dak berubah ya, dan kolom copy nilai koq dak bisa di klik ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah Pak, tolong dikirimkan lagi email pak...samsirna72@gmail.com. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

      Hapus
    2. aplikasi analisis nilai dapat d download pada link berikut https://goo.gl/fpRMY3

      Hapus
  2. Aplnya sangat membantu trimaksih

    BalasHapus
  3. Asslm. Pak, untuk input KD pai dan bp belum tercantum ya.. saya cari-cari ternyata belum ada, atau tersembunyi saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi analisis ini memang tidak mencantumkan KD, hanya nomor KD saja

      Hapus
  4. Aplikasi ini bisa langsung dibuat print outnya nggak ya?
    bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi ini di buat tidak untuk d cetak, hanya untuk membantu pengolahan nilai per KD

      Hapus
  5. sedikit koreksi suhu....KD 3.1 dengan KD 3.10, itu rumusnya link jadi satu, mohon diperbaiki suhu.....terima kasih....sehat selalu.

    BalasHapus
  6. Sifu bisa kirim ke email sdn2tukangkayupjk@gmail.com

    BalasHapus
  7. Ini ko disable terus yah, mau unprotect tp harus pake password

    BalasHapus
  8. passwordnya apa om ? sangat membantu

    BalasHapus
  9. Terimakasih pak nir, ini sangat membantu smg bpk sehat sllu

    BalasHapus
  10. sangat membantu,caranya gmn ngge,utk bisa download aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linknya download sudah kami buatkan di atas. Silahkan klik saja https://www.tasadmin.id/2019/08/aplikasi-nilai-per-kd.html

      Hapus
  11. Pak saya mau tanya di aplikasi sebelumnya kaya ada soal ph nya?
    Yg kelas 6
    Pas saya klik soalnya ada Hyperlink gimana gitu

    BalasHapus
  12. untuk penambahan mapel bagaimana?

    BalasHapus

1. Silahkan berkomentar yang berkaitan dengan topik postingan.
2. Gunakan bahasa Indonesia yang baik.
3. Komentar Anda kami baca, maaf jika tidak dibalas.