Dokumen 1 KTSP Kurikulum 2013

KTSP merupakan singkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurtilas merupakan akronim dari kurikulum 2013 atau sering juga di sebut K13. Kurikulum 2013 dan atau kurikulum 2006 merupakan bagian dari KTSP. Masih banyak yang kadang mensalah artikan bahwa KTSP adalah Kurikulum 2006.
dokumen 1 ktsp kurikulum 2013

Komponen KTSP seperti yang termua di dalam Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, meliputi 3 dokumen:

1. Dokumen 1 yang disebut dengan Buku I KTSP berisi sekurang- kurangnya visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar, dan kalender pendidikan;

2. Dokumen 2 yang disebut dengan Buku II KTSP berisi silabus dan ;

3. dokumen 3 yang disebutdengan Buku III KTSP berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun sesuai potensi, minat, bakat, dan kemampuan peserta didik di lingkungan belajar.

Pengertian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
Pengembangan KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, dan pedoman implementasi kurikulum. KTSP dikembangkan oleh satuan pendidikan dengan melibatkan komite sekolah/madrasah, dan kemudian disahkan oleh kepala dinas pendidikan atau kantor kementerian agama provinsi dan kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya

Komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

KomponenKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)meliputi3dokumen. Dokumen Idisebutdengan BukuIKTSPberisi sekurang-kurangnyamemuat komponen: visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar, dan kalender pendidikan. Buku I KTSP menjadi tanggungjawab kepala sekolah. Buku II KTSP berisi silabus, dan Buku III KTSP berisi rencana pembelajaran yang disusun sesuai potensi, minat bakat, dan kemampuan peserta didik di lingkungan belajar. Panduan ini menjelaskan secara lebih rinci muatan atau komponen yang dirancang dalam pengembangan KTSP, adapun komponen tersebut adalah sebagai berikut ini.

Keterangan:
(*) Komponen yang tertuang di Permendikbud Nomor 61 Tahun
2014 Tentang KTSP
(**) Komponen yang tidak termuat sebagai bagian buku I KTSP seperti yang tertuang di dalam Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 Tentang KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, namun dapat ditambahkan sebagai pelengkap dan memperkaya buku I KTSP.

Selengkapnya silahkan download: PANDUAN PENGEMBANGAN KURIKULUMTINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2016


download: contoh dokumen ktsp kurikulum 2013

Pada sekolah dasar yang mengimplementasikan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2016/2017 maka hanya diterapkan untuk kelas I dan IV, sementara kelas II, III, V, dan VI masih menggunakan kurikulum 2006.

Maka pada bagian muatan kurikulum di dalam KTSP harus ditampilkan dua struktur kurikulum yaitu struktur kurikulum untuk kelas I dan IV (menggunakan kurikulum 2013) dan untuk kelas II, III, V, dan VI menggunakan kurikulum 2006. Hal ini berarti satu sekolah.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan bagian dari kegiatan perencanaan satuan pendidikan yang diselenggarakan sebelum tahun ajaran baru.

Perlu diperhatikan juga tentang KKM satuan pendidikan yang harus di cantumkan pada dokumen 1 KTSP.

selengkapnya tentang: KKM SATUAN PENDIDIKAN

Demikian yang dapat kami share, semoga berguna

Posting Komentar

0 Komentar