UTS atau PTS pada Kurikulum 2013 SD

Hai pembaca, makasih ya sudah menyempatkan berkunjung di blog sederhana ini.
PTS adalah singkatan dari Penilaian Tengah Semester yang merupakan perubahan istilah dari kurikulum sebelumnya yaitu Ulangan Tengah Semester (UTS). Oke langsung saja berikut adalah tentang PTS yang kami copaskan dari buku panduan penilaian K13 Revisi 2016 dengan beberapa pengeditan seperlunya jika belum punya bisa download terlebih dahulu di sini
jadwal uts pts kurikulum 2013

Penilaian Tengah Semester (PTS)

Penilaian tengah semester dilaksanakan setelah menyelesaikan separuh dari jumlah tema dalam satu semester atau setelah 8-9 minggu belajar efektif. PTS berbentuk tes tulis dan berfungsi untuk perbaikan pembelajaran selama setengah semester serta sebagai salah satu bahan pengolahan nilai rapor.

Soal atau instrumen PTS disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan KD yang dirakit secara terintegrasi. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari PTS (NPTS) merupakan nilai tengah semester dan penulisannya menggunakan angka pada rentang 0-100.

Penyusunan Jadwal PTS

Berikut ini contoh penjadwalan PTS, pendidik dapat menyusun sesuai dengan kalender pendidikan sekolah

Contoh Jadwal PTS
Penilaian tengah semester dilaksanakan setelah pembelajaran Tema 1 dan Tema 2 selesai (untuk kelas I) atau setelah Pembelajaran Tema 1, Tema 2, dan Tema 3 selesai (untuk kelas IV). Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, guru perlu membuat kisi-kisi soal. Apabila tes tertulis untuk KD satu mata/muatan pelajaran,soal-soal dibuat per mata/muatan pelajaran. Soal-soal tes tertulis dapat juga dibuat terpadu untuk beberapa muatan pelajaran.

Pelaksanaan penilaian tengah semester diatur sesuai jadwal berdasarkan tema dan muatan pelajaran. Contoh jadwal penilaian tengah semester adalah sebagai berikut.

a. Kelas I, II, dan III

Contoh jadwal pelaksanaan PTS, guru dapat mengembangkan model jadwal
yang lain.

Catatan:
Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti dijadwalkan sesuai dengan kondisi
satuan pendidikan.

b. Kelas IV, V, dan VI
Catatan:
Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti dijadwalkan sesuai dengan kondisi
satuan pendidikan.

Dan berikut ini adalah jadwal PTS yang ada di tempat kami:



Lihat juga: cara mengolah nilai pengetahuan

Demikianlah tentang penilian tengah semester pada kurikulum 2013 jenjang SD, jika ada yang mau share contoh soal UTS bisa contack kami, yang nantinya akan di share pada postingan ini. Terima Kasih


Posting Komentar

3 Komentar

1. Silahkan berkomentar yang berkaitan dengan topik postingan.
2. Gunakan bahasa Indonesia yang baik.
3. Komentar Anda kami baca, maaf jika tidak dibalas.