Simpan Cetak Format pdf aplikasi raport excel

File PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk dokumen yang berisi teks, gambar, grafik. Pada aplikasi raport berbasis Web output raport adalah format pdf yang kemudian dapat di print atau dicetak.

Untuk aplikasi raport berbasis excel biasanya langsung dicetak dari sebuah sheet yang menggunakan rumus vlookup. Namun untuk alasan tertentu kita harus menyimpan terlebih dahulu dalam format file pdf. Beberapa alasan kenapa raport harus disimpan dalam format pdf.

1. Untuk kepentingan arsip
2. Untuk dicetak di percetakan

Dan berikut ini adalah cara menyimpan cetak rapor yang berbasis excel ke format (.pdf)

1. Cara mudah simpan raport excel ke format pdfcukup dengan save as
* Bisa untuk Windows 7 maupun Windows 10 selengkapnya >>> https://youtu.be/9C67xo3JTes

2. Berikut adalah cara mencetak / menyimpan raport siswa ke format pdf menggunakan printer  Microsoft to pdf pada Windows 10.  video tutorialnya >>> https://youtu.be/o79YEcIFPyk


Demikian yang bisa kami share, semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar