Penerapan Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar
menggunakan pendekatan tematik terpadu. Pada perkembangannya, untuk
kelas tinggi (IV, V, dan VI) mata pelajaran Matematika dan Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dipisahkan dari Buku Tematik
Terpadu. Pemisahan tersebut dikarenakan perubahan muatan pelajaran
matematika serasa dangkal sehingga siswa tidak mendapatkan konsep
matematika secara mendalam dan PJOK memiliki karakteristik objek kajian
dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK
berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui observasi,
mencontoh/menirukan, melatihkan secara berulang
Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK ini bertujuan untuk
a. Membantu guru dalam mengatur alokasi waktu Matematika dan PJOK dalam pembelajaran agar sesuai dengan struktur kurikulum;
b. Membantu guru dalam merancang pembelajaran Matematika dan PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar tetap bermakna;
c. Membantu guru dalam proses pembelajaran Matematika dan PJOK yang
terpisah dari Tematik Terpadu agar berpusat pada siswa, kontekstual, dan
bermakna.
karena
d. Membantu kepala sekolah, pengawas dan pihak
lain yang terkait dalam mendukung proses pembelajaran Matematika dan
PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar berpusat pada siswa,
kontekstual, dan bermakna.
Buku Panduan ini disusun agar proses
pembelajaran di sekolah dasar dapat berjalan sesuai dengan harapan.
Oleh karena itu, sasaran pengguna buku ini adalah unsurunsur yang
terlibat pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Sasarannya adalah
a. Guru kelas yang mengampu pembelajaran di kelas tinggi (kelas IV, V, dan VI); b. Guru PJOK
c. Kepala Sekolah Dasar;
d. Pengawas Sekolah Dasar
e. Dinas Pendidikan.
DOWNLOAD
0 Komentar
1. Silahkan berkomentar yang berkaitan dengan topik postingan.
2. Gunakan bahasa Indonesia yang baik.
3. Komentar Anda kami baca, maaf jika tidak dibalas.