RPP KURIKULUM 2013 SD

Assalamualaikum Wr Wb

Pada kesempatan ini saya akan posting tentang rpp. RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan  Pembelajar. RPP penting untuk seorang guru. Dimiliki dan semestinya bisa di buat sendiri karena masing-masing sekolah atau guru bisa saja berbeda.

Sebelumnya saya minta maaf karena saya OPS kok memposting tentang RPP. Tujuan posting tentang RPP karena mencoba sharing saja dari berbagai sumber siapa tahu bisa bermanfaat untuk pribadi saya dan rekan semuanya. Sebenarnya jika pernah mengikuti diklat atau sosialisasi tenrang kurikulum 2013 kita bisa memperoleh file materi ini, dimana saya juga dapat file tentang rpp ini dari rekan. Baiklah langsung saja sebagai berikut

langkah penyusunan rpp k13 sd

DESKRIPSI RPP

RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, buku panduan guru, dan referensi lain yang mendukung.  Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok (KKG) di sekolah/madrasah yang dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.

Komponen  RPP

Komponen RPP merujuk pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016 (download di sini), terdiri atas:

a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai; (download silabus 2016)
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran.

```Catatan:  Komponen RPP tersebut di atas bersifat minimal, artinya setiap satuan pendidikan diberikan peluang untuk menambah komponen lain, selama komponen tersebut memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran```

Prinsip - Prinsip Penyusunan RPP

Mekanisme pelaksanaan pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan (termasuk didalamnya kegiatan evaluasi), dan pertimbangan daya dukung. Tahap pertama, perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut: 

a. Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.

b. Partisipasi aktif siswa.

c. Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.

d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.

g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan

 

Langkah – langkah Penyusunan  RPP

a. Mengkaji silabus tematik meliputi: (1) KI dan KD; (2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar.

b. Merumuskan indikator pencapaian KD.

c. Mengembangkan materi pembelajaran. Materi Pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran (buku siswa) dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.

d. Menjabarkan kegiatan pembelajaran yang ada pada  silabus dalam bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi siswa  dan satuan guruan termasuk penggunaan  media, alat, bahan, dan sumber belajar.

e. Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan berdasarkan alokasi waktu pada silabus. Selanjutnya dibagi ke dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

f. Mengembangkan penilaian pembelajaran dengan cara menentukan lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta membuat pedoman penskoran.

g. Menentukan strategi pembelajaran remedial segera setelah dilakukan penilaian.

h. Menentukan   Media,   Alat,   Bahan,   dan   Sumber   Belajar disesuaikan  dengan  yang  telah  ditetapkan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.

Berikut ini ada beberapa file yang saya dapat dari guru yang melaksanakan diklat atau sosialisasi kurikulum 2013
* Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP)
* PPK
* Soal HOTS
* Pembelajaran Matematika
* Pembelajaran PJOK

download juga buku k13 sd semester 2 revisi 2017 (klik)



Video membuat rpp copy paste buku guru https://youtu.be/zoHzL6Ze8xc



Demikanlah postigan tentang RPP Kurikulum 2013 Jenjang SD.
Semoga dapat bermanfaat


. . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . ...
*Tentang RPP K13 SD*
_w.a 9.1.18_



```RPP merupakan rencana pembelajaran yg dikmbgkan scr rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, buku guru, dan referensi lain yg mendukung. Pengembangan RPP dpt dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok (KKG) di sd/m yg dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sd/mi```

_Dgn postingan ini d harpkan guru dapat membuat RPP secara mudah._

*Alat & bahan:*

1. Permendikbud 22 th 2016 lamp. https://goo.gl/GfT1cJ

2. Silabus Tematik https://goo.gl/zwF9YD
MTK  https://goo.gl/uiW8Ls
PJOK https://goo.gl/qqFTGB

3. Buku Guru Siswa R 2017 https://goo.gl/aTvtb2

4. Format Penyusunan RPP 13/3/2017 https://goo.gl/q335aT

5. File Macro Copas Word https://goo.gl/BfTx9N


*Panduan RPP*

1. Presentasi RPP https://goo.gl/u4v6Yt

2. Panduan HOTS  https://goo.gl/sQuPAC

3. Modul Pendidikan Karakter  https://goo.gl/k2Mkue

4. Panduan MTK & PJOK  https://goo.gl/UwC71V

5. Supervisi Pembelajaran  https://goo.gl/Bk3ui2

*Quiz Online*
seberapa Anda jauh mengetahui RPP?
klik https://goo.gl/forms/j9mIcloqR3QdekiJ2

*Video*

1. Copy Paste Text Buku Guru pdf ke word  https://youtu.be/zoHzL6Ze8xc

2.  Copy Paste Gambar Buku Guru pdf ke word  https://youtu.be/P1xPAeOxdn8

3. Media Pembelajaran Kls IV Tema 7 ST1 PB1 Indahnya Keragaman di Negeriku https://youtu.be/fza2hzpXvMY

Demikian, semoga bermanfaat

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Saya buka,sip langsung terbuka rpp,ciba pak nir utk kls 6 mau jg lho ,smoga barokah ilmunya

    BalasHapus

1. Silahkan berkomentar yang berkaitan dengan topik postingan.
2. Gunakan bahasa Indonesia yang baik.
3. Komentar Anda kami baca, maaf jika tidak dibalas.