Buku Panduan Ekstra Pramuka SD Tahun 2018

Melalui postingan ini kami share buku Panduan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan di Sekolah Dasar. Buku panduan ekstra pramuka ini di terbitkan tahun 2018 oleh Kemdikbud melalui Dikjend Pendidikan Dasar dan Menengah, khususnya Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada kurikulum 2013 Pramuka merupakan kegiatan Ekstrakurikuler Wajib. Buku Panduan ini diharapkan dapat (1) memberikan gambaran Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan secara nyata agar dapat diimplementasikan dengan baik oleh pemangku pendidikan, baik unsur Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan; (2) memberikan pedoman yang jelas dan mudah dijalankan; (3) merupakan acuan bagi pelaksana Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan.

Pada tahun sebelumnya juga telah diterbitkan: Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar (download) yang dibahas secara umum.

Adapun buku panduan yang diterbitkan tahun 2018 ini membahas lebih detail tentang pramuka (Download)

Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan merupakan wahana pembinaan dan pembelajaran bagi peserta didik untuk menguatkan sikap dan keterampilan KI 1, KI 2, dan KI 4 pada mata pelajaran dengan lebih banyak belajar sambil melakukan, mengalami langsung, bersosialisasi, berinteraksi dengan alam dalam kondisi yang senyatanya.


Melalui penerapan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan ini diharapkan peserta didik dapat menjadi manusia Indonesia yang berkarakter, terampil, dan berakhlak mulia untuk membangun Indonesia di masa depan.

Semoga panduan ini dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam menerapkan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan di sekolah dasar sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendikbud No. 63 tahun 2014. Panduan ini memberikan gambaran teknis bagaimana menerapkan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan kepramukaan di sekolah dasar secara bertahap, sistematis, dan menyeluruh.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. saya menyukai setiap postingan dari apk13 karena memberikan keterangan yang jelas lengkap dengan acuan dan panduan dalam pengisian raport

    BalasHapus

1. Silahkan berkomentar yang berkaitan dengan topik postingan.
2. Gunakan bahasa Indonesia yang baik.
3. Komentar Anda kami baca, maaf jika tidak dibalas.