APA ITU SOAL HOTS?

Pada postingan ini akan kami coba kumpulkan info tulisan tentang apa itu soal HOTS. Baiklah langsung saja:

HOTS merupakan singkatan dari Hihger Order Thinking Skills, dimana peserta didik dilatih keterampilan mental seputar pengetahuan yang dimiliki. Kemampuan berfikir tingkat tinggi melibatkan level kognitif mulai dari:
1. Menganalisa (Analizing)
2. Mengevaluasi  (Evaluating)
3. Mencipta  (Creating)

Dengan adanya konsep ini dalam pembelajaran diharapkan anak-anak Indonesia semakin cerdas dan mampu menerapkan ilmu yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari.

Dan berikut ini kami share materi-materi tentang H.O.T.S.

* Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013 HOT 2018 >>> https://goo.gl/FmtvDZ

* Slide Presentasi Penyusunan Soal HOTS >>> https://goo.gl/nuWYfg

* 2.5.a Handout Penyusunan Soal HOTS.doc
https://sites.google.com/site/apk13sd/soal-hots/2.5.a%20Handout%20Penyusunan%20Soal%20HOTS.doc

* 2.5.a PPT Penyusunan Soal HOTS.pptx https://sites.google.com/site/apk13sd/soal-hots/2.5.a%20%20PPT%20%20Penyusunan%20Soal%20%20HOTS.pptx

* 2.5.a. Silabus Bimtek Penyusunan Soal HOTS.doc https://sites.google.com/site/apk13sd/soal-hots/2.5.a.%20Silabus%20Bimtek%20Penyusunan%20Soal%20HOTS.doc

* 2.5 LK Penyusunan Soal HOTS SD _ Wahyu Ratnawati.docx https://sites.google.com/site/apk13sd/soal-hots/2.5%20LK%20Penyusunan%20Soal%20%20HOTS%20SD%20_%20Wahyu%20Ratnawati.docx

-------
Penyempurnaan Kurikulum 2013 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta pendalaman dan perluasan materi yang relevan bagi peserta didik. Materi diperkaya dengan kebutuhan peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional. Penyempurnaan lainnya juga dilakukan pada standar penilaian, dengan memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS/Higher Order Thinking Skills). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi pelajaran.

DESKRIPSI
Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Soal-soal HOTS pada konteks asesmen mengukur kemampuan:
1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda, 4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan 5) menelaah ide dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.

Dilihat dari dimensi pengetahuan, umumnya soal HOTS mengukur dimensi metakognitif, tidak sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja. Dimensi metakognitif menggambarkan kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang berbeda, menginterpretasikan, memecahkan masalah (problem solving), memilih strategi pemecahan masalah, menemukan (discovery) metode baru, berargumen (reasoning), dan mengambil keputusan yang tepat.



* PRAKTIK PENYUSUNAN SOAL BERFIKIR TINGKAT TINGGI https://drive.google.com/file/d/12dpnSA1tq0_vReCq0OxzB9TRNqCrQkhA/view?usp=sharing

Lihat juga penjelasan HOTS melalui video beribut ini;


Demikian yang bisa kami share tentang HOTS
Semoga bermanfaat

Posting Komentar

2 Komentar

1. Silahkan berkomentar yang berkaitan dengan topik postingan.
2. Gunakan bahasa Indonesia yang baik.
3. Komentar Anda kami baca, maaf jika tidak dibalas.